Fb Img 1726909644059
Info Daerah

Idul Adha dijadikan Momen Kolaborasi Upaya PPS Antara Perwakilan BKKBN Dan Baznas Provinsi Banten

busernett88
64
×

Idul Adha dijadikan Momen Kolaborasi Upaya PPS Antara Perwakilan BKKBN Dan Baznas Provinsi Banten

Sebarkan artikel ini
Img 20240617 Wa0258

Kota Serang, busernet.co.id // Dalam rangka mengimplementasikan secara intensif gerakan Intervensi Serentak Percepatan Penurunan Stunting (ISPS) meskipun maish dalam momen libur Idul Adha, Penyuluh KB (PKB) Kecamatan Kasemen Kota Serang tetap semangat untuk melaksanakan Percepatan Penurunan Stunting (PPS).

Pada Senin (7/6 2024) bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1445 H, di Balai Penyuluh KB Kecamatan Kasemen Kota Serang telah dilaksanakan penyembelihan hewan qurban sebanyak sembilan ekor kambing.

Kegiatan ini langkah konkrit Perwakilan BKKBN Provinsi Banten bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banten dalam menurunkan prevalensi stunting yang merupakan bagian impelementasi 10 PASTI SIDAK STUNTING.

Seluruh daging qurban yang dihasilkan didistribusikan kepada 153 Keluarga Berisiko Stunting (KRS) di 10 kelurahan se-Kecamatan Kasemen Kota Serang yang telah mendapatkan layanan posyandu saat intervensi serentak minggu lalu.

Neisa dan Dana selaku Penyuluh KB Kecamatan Kasemen memimpin proses penyembelihan hingga pembagian daging qurban yang dilakukan langsung oleh Tim Pendamping Keluarga (TPK) masing-masing Kelurahan.

“Saat dibagikan daging qurban, KRS juga diberikan edukasi pemanfaatan daging tersebut untuk KRS sesuai kriteria baik ibu hamil maupun baduta dan balita.

Harapannya melalui daging tersebut bisa meningkatkan status gizi KRS pada pengukuran dan penimbangan selanjutnya”, papar Neisa.

Selanjutnya Dana menambahkan “Setelah diberikan daging qurban serta edukasinya, TPK melaporkan hasilnya langsung ke ELSIMIL agar terpantau setiap langkah yang dilakukan KRS serta pendampingan yang didapatnya dari TPK.

Besar harapan kami, upaya tersebut menjadikan prevalensi stunting di Kasemen semakin menurun”
Kepada media, Yuda Ganda Putra selaku Pembina Wilayah Kota Serang dari Perwakilan BKKBN Provinsi Banten sangat mengapresiasi terhadap apa yang dilakukan oleh Baznas Banten dalam program kepedulian nya terhadap KRS di Kota Serang secara khusus dan Provinsi Banten pada umumnya.

Menurut Yuda salah satu penyebab stunting karena kurangnya asupan protein hewani bagi keluarga sehingga 9 ekor kambing kurban dari Baznas tersebut sangat membantu sekali terhadap penambahan asupan protein hewani tersebut bagi KRS.

“Kita jangan melihat besar kecilnya bantuan, namun yang lebih penting sikap dan niat mulia dari Baznas yang mencerminkan kesungguhan dalam konteks pencegahan dan penanganan stunting secara kolaboratif di Provinsi Banten, semoga hal ini bisa menjadi contoh dan triger yang baik bagi semua kalangan termasuk kami di Perwakilan BKKBN provinsi Banten” Unkapnya.

Selain itu Yuda juga sangat mengapresiasi jiwa totalitas bekerja dari PKB Kasemen Kota Serang bahwasannya walau dihari libur Idul Adha masih terus bekerja mensuksesakan program Bangga Kencana dan PPS, “Saya merasa salut kepada PKB yang waktu libur harusnya untuk keluarga, namun ini malah digunakan untuk bekerja mendampingi dan mendukung program kurban dari Baznas, semoga Allah SWT membalas atas semua yang didedikasikan untuk masyarakat” Puji Yuda.

Diakhir wawancaranya Yuda menyampaikan ucapan terima kasih secara khusus kepada Aulia Rahman yang merupakan bagian dari Perwakilan BKKBN Provinsi Banten yang memiliki peranan penting atas terjalinnya kegiatan kolaborasi antara Perwakilan BKKBN Provinsi Banten dengan Baznas Provinsi Banten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *