Mario
BeritaBuserNet.co.idInfo Daerah

Resume Penyuluhan Dan Sosialisasi Pengeleloan Sampah

admin
79
×

Resume Penyuluhan Dan Sosialisasi Pengeleloan Sampah

Sebarkan artikel ini
Img 20240309 202141

BANDUNG, busernet.co.id || Resume penyuluhan dan sosialisasi pengeleloan sampah ditingkat rumah tangga hingga tingkat pengurus RT & RW 09 Kel Cipedes Kec Sukajadi Bandung. Yg diprakarsai oleh P Yayan, sekaligus berperan sebagai nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup Bandung.

Pelaksanaan penyuluhan ini bertepatan pada hari Rabu, 6 September 2023 pkl 13:00 wib dengan mengambil tempat disudut lapang volley ball RT 04 , Aspol Sukajadi Bandung.

Dihadiri oleh ;

*Bp. Dedi Rustadi

*Pengurus RT 01- 05

*Tokoh Masyarakat

*Peserta undangan

Sehubungan dengan terjadinya penutupan TPA Sari Mukti akibat bencana alam yg ditimbulkan dalam beberapa minggu terakhir , sehingga berdampak meluas kepada beberapa TPS yg tersebar luas diwilayah Bandung dan sekitarnya melakukan aksi serupa menutup distribusi sampah rumahan yg secara periodik bisa diangkut oleh setiap petugas sampah secara normal.

Semua permasalahan diatas akhirnya seluruh stake holder dikota Bandung ,yg bekerja sama dengan para pegiat kebersihan tatakelola sampah mengupayakan untuk mencarikan solusinya , diantaranya mengangakat kembali ide dari _Bpk Ridwan & Alm. Bpk. Oded . Danial_

Melalui terobosan Kang Pisman yg merupakan akronim : **kurangi , pisahkan & manfaat* kan

Dengan metoda diatas diharapakan semua lapisan masyarakat yg dalam hal ini terwakili oleh setiap masing² individu , dimanapun pemukimanya bisa mengoptimalkan pengolahan sampah.

Seperti ungkapan yg dilontarkan oleh P Lurah, bagaimana mengubah kultur lama kita yg terpola rutinitas menjadi habbit berubah ( baik mind set atau kebiasaan prilaku terhadap sampah disekitarnya ) , yg biasa membuang sampah dengan komposisi beragam ( ada organik & organik bahkan limbah beracun menjadi satu keresek plastik) , lantas menunggu petugas sampah dengan kompensasi bayar restribusi sampah bulanan, dan terpuaskan dengan cara itu.

Akhirnya melalui penyuluhan terkait mempunyai niat ikhlas dari setiap masing² individu serta masyarakatnya melalui upaya Kang Pisman , permasalahan ini memperoleh solutif terbaik selama darurat sampah ini akan berakhir dan tanpa estimasi kapan akan berkahir.

Potensi ini akan banyak menuai hasil yg optimal bilamana kesadaran ini terwujud menyeluruh dan memiliki nilai sedekah dari setiap pencapainya .

Filosofinya cukup tepat , sampah yg menjijikan menjadi menjanjikan, dari keburukan dan kebusukan baunya menghadirkan keberkahan . Asal satu pesan tersirat jangan sampai menjadi sampah masyarakat.

Penyuluhan untuk optimalisasi pengolahan sampah ini diwarnai dengan demo visualisasi alat peraga , diantaranya drum komposer ,loseda ( lodong sisa sampah dapur ) berikut bagaimana memilah setiap bagian sampah , mana organik & an organik, yg bisa dilakukan setiap hari. Sehingga penumpukan sampah ini tidak berdampak pada polusi udara dan mengganggu kesehatan setiap penghuninya.

Secara bertahap pengumpulan sampah ini akan difasilitasi dengan program bank sampah ( sampah an organik ) oleh pengurus setempat agar nilai kebermafaatanpun bisa rasakan oleh lingkungan sekitar, dan bisa sarana sedekah juga pundi² rupiah.

Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak memproduksi sampah. Tahun ke tahun sampah selalu mengalami peningkatan yang menyebabkan tingginya timbunan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Saat ini cara utama dalam penyelesaian pengolahan sampah adalah dengan cara pemusnahan timbunan sampah di TPA, yang mana sebagian besar TPA di Indonesia masih menggunakan metode open dumping yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Maka dari itu, perlu ditindaklanjuti mengenai hal ini.

Pada kali ini, akan di bahas mengenai pemilahan sampah sejak dari rumah tangga.

Definisi pemilahan sampah itu sendiri adalah suatu proses kegiatan penanganan sampah sejak dari sumbernya dengan memanfaatkan penggunaan sumber daya secara efektif yang diawali dari pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan hingga pembuangan melalui pengendalian pengelolaan organisasi yang berwawasan lingkungan.

Tujuan dari pemilahan sampah itu sendiri adalah: untuk memudahkan pembuangan dan pengolahan kembai, untuk memisahkan pembuangan sampah organik, non-organik dan B3 dan untuk membuat sampah menjadi ramah lingkungan.

Manfaat dari melakukan pemilahan sampah itu sendiri adalah agar sampah kering dan sampah basah tidak tercampur karena jika keduanya tercampur bisa menjadi sarang bakteri dan menimbulkan bau tak sedap yang membuat suasana lingkungan menjadi kurang nyaman. Selain itu, juga bermanfaat untuk mengurangi tumpukan sampah serta mengurangi polusi udara.

Kelompok pemilahan sampah rumah tangga terbagi menjadi 3, yaitu;

1. Sampah Organik

Sampah organik adalah sampah yang bisa diuraikan secara alami oleh lingkungan karena berasal dari sisa-sisa makhluk hidup. Sebagai contohnya: sisa makanan, sayuran busuk, kulit buah-buahan, cangkang telur, dedaunan dan lain sebagainya.

2. Sampah Anorganik

Sampah anorganik adalah sampah yang sulit diuraikan secara alami hingga membutuhkan waktu yang lama sekitar ratusan tahun hingga tidak bisa terurai sama sekali. Contohnya: plastik, kaca, besi, karet, sterofoam dan lain-lain.

3. Sampah B3

Sampah B3 adalah sampah-sampah dari bahan kimia berbahaya dan beracun. Contohnya: elektronik, baterai, obat-obatan, kaleng bekas cat dan lain sebagainya.

Edukasi Pemilahan Sampah Rumah TanggaPenyerahan Poster Pemilahan Sampah

Cara sederhana yang dapat dilakukan di rumah untuk menjaga kelestarian lingkungan, yakni:

1. Menyediakan tempat sampah terpilah (organik, anorganik, B3)

2. Mengelola sampah dengan baik dan bijak

3. Mengolah sampah organik menjadi kompos

4. Mendaur ulang sampah anorganik kering

5. Menggunakan kembali sebagai pupuk dan meremajakan unsur hara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *