Mario
Info Daerah

Pande Pertanian Peternakan Perlu Miliki Standard Kompetensi Kerja

admin
84
×

Pande Pertanian Peternakan Perlu Miliki Standard Kompetensi Kerja

Sebarkan artikel ini
P Img 20240224 Wa0096

SULAWESI SELATAN, Busernet.co.id || Kantor Pusat Credit Union Sauan Sibarrung (CUSS) menggelar bimbingan tekhnis ( bimtek) dengan Staf dan Pande disetiap Tempat Pelayanan CUSS melalui virtual meeting zoom, Sabtu 24 Februari 2024.

Para staf dan pande Peternakan Pertanian antusias mendengarkan materi bimtek dari narasumber peternakan Cyrillus T Tandioga dari Kantor Pusat CUSS dan pertanian dari komite CUSS TP Saluampak Lukas Anden.

Para Pande dan staf di CUSS sudah saatnya memiliki kemampuan yang lebih baik. Hal tersebut akan mendukung kualitas pertanian dan peternakan di CUSS. Demikian disampaikan Cyrillus dan Lukas pada kegiatan bimtek pande melalui virtual meeting zoom.

Lebih lanjut mereka berdua mengurai, seorang fasilitator pande pertanian peternakan pada dasarnya diharapkan memiliki beberapa fungsi kunci. Diantaranya dalam hal pengembangan diri dan interaksi sosial, penyelenggaraan fasilitas pertanian dan ternak, serta pengelolaan pertanian yang baik.

“Fungsi kunci harus dijalankan sebaik-baiknya agar dapat menghasilkan produk yang unggul,” katanya.

Oleh karena itu ia menekankan pentingnya merancang standard kompetensi kerja para pande yang baik dengan tetap mempertimbangkan kondisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada. “Rancangan standard kompetensi yang terlalu tinggi tanpa pertimbangan SDM justru hanya akan menjadi pedoman teoretis semata,” tambahnya, seraya menambahkan bahwa, kalian pande adalah otaknya petani peternakan, pemegang manajemen pertanian peternakan dilapangan.

Kalian pande juga menunjukkan mulai dalam kelompok binaan CUSS, mulai dari tanam atau memelihara sampai petik hingga jual

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *