Fb Img 1726909644059
Info Daerah

tradisi acara pernikahan suku batak

busernett88
27
×

tradisi acara pernikahan suku batak

Sebarkan artikel ini
Img 20240819 152506

jambi, busernet.co.id // kaya nya akan alam dan bermacam ragam nya penduduk diwilayah jambi adalah suatu keistimewaan yang cukup di kenal oleh orang banyak.

senin 19 Agustus 2024.

beberapa penduduk di wilayah jambi bermacam suku adat istiadat yang berasal dari berbagi macam wilayah.

adanya suku batak yang cukup dikenal dengan tradisinya salah satu contoh adalah acara pernikahan, yang mana ada beberapa proses yang harus di siapkan dan dijalankan yaitu seperti, mangaririt merupakan tahap persiapan pernikahan, marhusip atau melamar, marhata sinamot merupakan kegiatan membicarakan tentang mahar dari pihak pria, pundun saut, martumpol bagi orang batak juga disebut acara pertunangan, martonggo raja kedua dari pihak calon pengantin akan membahas prosesi adat hari H lebih rinci, dan banyak lagi proses yang akan dijalankan.

seperti yang telah dilaksanakan acara pernikahan adat Batak yang telah berlangsung antara Alboin manik dari pihak laki-laki dan cindy br. purba dari pihak perempuan yang mana acara pernikahan adat Batak ini dilaksanakan di dusun playang tebat, RT. 005,desa lubuk madrasah,kecamatan tengah ilir, kabupaten tebo,provinsi jambi.

dengan sebutan marga yang sangat di kenal dengan orang batak adalah sesuatu keistimewaan yang mana bermanfaat menciptakan kekompakan dan menyambung tali persaudara.

Raja parhata ataupun selaku juru bicara pesta adat adalah selaku pemimpin dan pembawa acara hingga selesai.

pak manik selaku raja parhata menyampaikan bahwasannya “adat Batak itu harus tetap dijaga, dipelihara dan tidak tinggalkan kemana pun kita berada selagi kita memang benar org batak tetap ingat kemudian selalu cari saudara marga mu dan jangan lupa kan asal mu asalmu. ”

totor batak adalah tarian khas batak, yang mana totor memiliki arti dengan sendiri nya dan juga merupakan suatu tarian yang akan memeriahkan acara pesta adat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *