Mario
Info Daerah

Jaga Populasi, Dinas Kelautan dan Perikanan Tabur Benih Ikan Di Danau Segaran Duwas

busernett88
107
×

Jaga Populasi, Dinas Kelautan dan Perikanan Tabur Benih Ikan Di Danau Segaran Duwas

Sebarkan artikel ini
Img 20240807 Wa0204

Probolinggo, busernet.co.id // Pemerintah Kabupaten Probolinggo melalui Dinas Kelautan dan Perikanan melakukan tebar benih (restocking) di Ranu Segaran Duwes, Desa Tlogoargo Kecamatan Tiris , Kabupaten Probolinggo. Rabu, (7/08/2024).

Penebaran ikan sebanyak 31 ribu benih ikan dengan rincian benih ikan tawes 17.000 ekor dan benih ikan baderbang 14.000 ekor ,

Restocking ikan tersebut dihadiri oleh Bapak Husin perwakilan dari Danramil Tiris, Kepala Desa Tlogoargo dan Perangkat Desanya, serta petugas dari Pihak Kecamatan Tiris.

Selain itu juga dihadiri oleh Perwakilan dari Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo,
Bapak Yunianto S.Pi dan beberapa undangan lainnya.

Saat ditemui team media busernet Bapak Yunianto menjelaskan bahwa, penebaran benih ikan bertujuan memperkaya sumberdaya ikan di wilayah perairan umum baik dari segi kuantitas maupun ragam jenisnya terutama utk jenis ikan-ikan endemik lokal yang ada diwilayah Kabupaten Probolinggo.

“Kegiatan ini dilakukan bertujuan memperkaya sumberdaya ikan endemik lokal di wilayah perairan umum di kabupaten Probolinggo khususnya di Ranu Segaran Duwas Desa Tlogoargo ini dan diharapkan akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar terutama para pemancing dengan meningkatnya hasil tangkapan ikan ” Ungkap Yunianto.

Selain itu kegiatan ini merupakan program pelestarian lingkungan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan . Untuk Kabupaten Probolinggo sendiri, penebaran benih ikan tidak hanya menambah populasi ikan lokal di Probolinggo, tetapi juga ditujukan untuk menjaga ekosistem dan kelestarian lingkungan sekitar sungai dan danau.

“Karena itu, penebaran jenis ikan akan disesuaikan dengan ekosistem setempat, sehingga ikan yang ditebar tidak sembarangan agar dapat bertahan dan mengembalikan populasi ikan lokal setempat yang semakin sedikit,” tambah Yunianto.

Sementara itu, Kepala Desa Tlogoargo mengatakan, sektor perikanan mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun perekonomian di daerah, karena sektor perikanan berfungsi sebagai penyedia bahan pangan untuk konsumsi masyarakat.

Terlebih lagi, Desa Tlogoargo juga memiliki banyak daerah aliran sungai yang cukup potensial dalam upaya peningkatan sektor perikanan.

“Penebaran benih ikan di danau Segaran Duwas merupakan salah satu cara budidaya ikan, sehingga menjadi sumber alternatif penyediaan ikan, menjaga ekosistem, dan ketersediaan pangan ikan bagi masyarakat, termasuk pengembangan sebagai tempat wisata pancing yang juga dapat menjadi salah satu media pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Desa Tlogoargo berharap agar masyarakat dapat menjaga populasi ikan serta kelestarian ekosistem Danau.

Ikan-ikan yang sudah ditebar nantinya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, namun yang perlu digarisbawahi adalah penangkapan ikan tidak boleh dilakukan dengan cara-cara yang ilegal seperti setrum, racun, atau menggunakan bahan peledak karena akan mengakibatkan kelangkaan sumber daya ikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *