Fb Img 1726909644059
Info Daerah

Tingkatan Kesehatan, LDNU adakan Bakti Sosial Bekam

busernett88
123
×

Tingkatan Kesehatan, LDNU adakan Bakti Sosial Bekam

Sebarkan artikel ini
Img 20240728 Wa0158

Probolinggo, busernet.co.id // Dalam rangka mensosialisasikan bekam bermanfaat bagi kesehatan, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU).

Banyuanyar gandeng Praktisi Bekamer Jam’iyah Ruqyah Aswaja Kabupaten Probolinggo Gelar Bakti Sosial pelayanan Bekam di Kantor MWCNU Banyuanyar Probolinggo. Minggu, (28/07/2024).

Acara ini dilaksanakan pada pukul 13.00-17.00, diikuti peserta dari berbagai elemen masyarakat. Baik pengurus NU, maupun warga masyarakat.

Bekam merupakan salah satu pengobatan tradisional. Tujuannya adalah membuang darah kotor dari dalam tubuh melalui permukaan kulit.

Caranya dengan menyedot darah memakai vakum. Sebelum disedot, darah dikumpulkan pada beberapa titik dengan memanfaatkan tekanan udara.

Setelah itu, titik-titik tersebut ditusuk-tusuk dengan jarum.

KH. Zainullah Sanusi selaku ketua MWCNU Banyuanyar mengatakan, kegiatan ini sangat mengedukasi bagi masyarakat Banyuanyar. Yang mana pengetahuan akan bekam sangat minim.

“Apalagi bekam memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain itu bekam juga merupakan salah satu sunnah rasul.” tuturnya

“Kegiatan semacam ini patut diberikan apresiasi. Apalagi kegiatan ini mampu mengenalkan bekam untuk masyarakat luas.

Minimnya pengetahuan akan bekam di masyarakat. Memberikan kita semangat yang lebih untuk terjun ke masyarakat.” tambahnya

Warga merasa sangat senang sekali dengan adanya sosialisasi dan praktek bekam. Terlihat dari antusias yang mengikuti acara tersebut.

H. Fauzan selaku peserta dari banyuaanyar Kidul mengatakan, awalnya saya takut untuk di bekam. Tetapi dengan diadakannya sosialisasi ini, saya berani dan tau apa itu bekam.

“Ternyata bekam itu enak. Membuat badan terasa lebih ringan dan bugar.” Kata mantan Kepala Desa Banyuanyar Kidul ini.

Semoga bekam mampu mengibarkan sayapnya dalam dunia kesehatan dan kalangan masyarakat umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *