Fb Img 1726909644059
Uncategorized

Kasdam IM Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI di Blang Padang

busernett88
9
×

Kasdam IM Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-79 TNI di Blang Padang

Sebarkan artikel ini
Img 20241006 Wa0009(1)

ACEH, Busernet.co.id || Kepala Staf Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Kasdam IM) Brigadir Jenderal TNI Ayi Supriatna, S.I.P., M.M., mewakili Pangdam IM Mayor Jenderal TNI Niko Fahrizal, M.Tr. (Han)., bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di lapangan Blang Padang, Kota Banda Aceh, Sabtu (05/10/24).

Acara ini diawali dengan aksi akrobatik udara oleh dua atlet Paramotor pembawa bendera merah putih dan banner HUT Ke-79 TNI peraih medali emas dan perak pada ajang PON XXI Aceh-Sumut, disertai dengan dentuman tiga kali letupan TNT sebagai tanda dimulainya Upacara. Tak lama setelah itu, atraksi sepeda motor trail melempar granat asap memeriahkan suasana, menutupi lapangan dengan asap tebal, dan diikuti kemunculan pasukan upacara setelah asap menghilang, menambah keagungan momen tersebut.

Pada pelaksanaan upacara, seluruh peserta upacara menunjukkan kedisiplinan dan dedikasi yang tinggi. Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI H. Agus Subiyanto, S.E., M.Si., yang dibacakan oleh Kasdam IM, ditekankan bahwa prajurit TNI harus selalu siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memiliki peran strategis dalam mengawal suksesi Kepemimpinan Nasional demi terwujudnya Indonesia Maju.

Panglima TNI juga mengajak seluruh peserta upacara untuk bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nikmat kesehatan dan kedamaian, sehingga TNI dapat memperingati hari jadinya yang Ke-79 dengan penuh khidmat. Tema yang diusung dalam peringatan HUT TNI kali ini adalah “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Tema ini mencerminkan komitmen TNI untuk senantiasa bersama rakyat dalam menghadapi berbagai tantangan bangsa dengan mengedepankan profesionalisme, modernisasi, serta adaptabilitas di tengah perubahan zaman.

Panglima TNI menegaskan bahwa prajurit TNI adalah pilar utama pertahanan negara yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. TNI juga berperan aktif dalam mendukung percepatan pembangunan nasional, sehingga tercipta Indonesia yang maju, mandiri, dan kuat. “Dalam menghadapi perkembangan lingkungan strategis yang semakin kompleks, TNI harus mampu beradaptasi dengan perubahan dan terus meningkatkan kemampuannya, baik dalam aspek teknologi, taktik, maupun alutsista,” ujar Panglima TNI.

Untuk itu, TNI memerlukan prajurit-prajurit yang berkualitas tinggi, inovatif, dan mampu mengoperasikan sistem persenjataan berteknologi canggih. Dengan terus bertransformasi, TNI diharapkan dapat menjadi kekuatan yang disegani, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, Panglima TNI juga mengingatkan seluruh prajurit agar tetap menjaga jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Setiap prajurit harus mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya, serta menjaga sinergi dengan Polri dan komponen bangsa lainnya untuk memastikan terwujudnya keamanan dan ketertiban nasional.

Dalam amanatnya, Panglima TNI memberikan lima poin penting kepada seluruh prajurit TNI, yaitu: memperkokoh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, memperkuat soliditas internal TNI dan kemanunggalan dengan rakyat, meningkatkan kewaspadaan dan profesionalisme, mempererat koordinasi dengan instansi terkait guna mendukung kelancaran Pilkada Serentak, serta melaksanakan tugas dengan ikhlas, dedikasi, dan penuh tanggung jawab.

Prosesi kemudian berlanjut dengan hiburan marching band oleh Gita Handayani, yang menambah semarak suasana.

Selanjutnya, dilakukan demonstrasi pembebasan sandera dan Beladiri Taktis prajurit Kodam IM yang memukau penonton. Para prajurit juga melaksanakan defile yang menunjukkan kekuatan dan kesiapan Alutsista TNI, yang memperlihatkan profesionalisme dan kebanggaan seluruh anggota TNI.

Sebagai penutup, prosesi dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang melambangkan rasa syukur, diikuti dengan hiburan panggung prajurit dan ramah tamah yang menghibur seluruh tamu dan peserta yang hadir.

Kemeriahan acara ini juga disaksikan secara langsung oleh seluruh masyarakat dan dibuka untuk umum untuk menyaksikan perhelatan akbar pada HUT Ke-79 TNI Tahun 2024 ini.

Upacara peringatan HUT ke-79 TNI berlangsung dengan khidmat dan penuh semangat, dihadiri oleh Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Irdam IM, Kapoksahli Pangdam IM, Danguskamla Koarmada I, PJU Kodam IM, Pj. Sekda Aceh, serta perwakilan Forkopimda Aceh dan berbagai elemen masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan keluarga besar TNI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *