Mario
Info Daerah

Bimbingan Teknis Berbasis SDGs Desa untuk Percepatan Pembangunan

busernett88
8
×

Bimbingan Teknis Berbasis SDGs Desa untuk Percepatan Pembangunan

Sebarkan artikel ini
Img 20240918 Wa0075

Bengkulu Utara, busernet.co.id || Pemerintah desa (Pemdes) desa genting perangkap kecamatan air besi kabupaten bengkulu utara provinsi bengkulu, menggelar kegiatan pelatihan bimbingan teknis berbasis SDGs desa untuk memberikan petunjuk. tujuan sasaran hingga indikator detail pencapaian pemerataan ekonomi, penanganan kemiskinan, menjaga lingkungan, sampai dukungan kelembagaan maupun kebudayaan demi untuk percepatan pembangunan desa genting perangkap menjadi desa yang maju dan berkembang pesat.

Bimbingan teknis mencakup tahapan pelaksanaan pendataan secara partisipatoris, cara membaca data hasil pendataan, cara memahami rekomendasi SDGs Desa, serta tata cara interoperabilitas data SDGs Desa ke dalam data daerah dan data desa. Selasa 10 September 2024.

Kepala desa Zakaria menyampaikan, Adapun narasumber tenaga ahli yang dihadirkan, dari pendamping kecamatan dan desa, Novita Sari, Kristin dan Rona, sedangkan dari pendamping desa, Vika Wantinodari dengan para peserta tim pengimputan data SDGs desa seluruh perangkat desa Genting perangkap. Tujuan pelatihan untuk pemahaman Pembangunan desa yang diarahkan untuk memberikan manfaat dan dampak positif bagi seluruh warga. SDGS desa memberikan petunjuk tujuan, sasaran, sampai indikator detail pencapaian pemerataan ekonomi, penanganan kemiskinan, menjaga lingkungan, hingga dukungan kelembagaan maupun kebudayaan. Ungkap kades.

Lanjut kades, Untuk menghindari mistifikasi konsep SDGs Desa, maka dilaksanakan pengambilan data lapangan. Proses ini dijalankan secara partisipatoris, dengan pendata di antara tetangganya sendiri baik data warga, data keluarga maupun data wilayah rukun tetangga didesa.

Untuk menjaga obyektivitas, sekaligus memudahkan warga desa mendapatkan olahan data secara cepat, maka algoritma teknologi informasi dijalankan langsung dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, jelas kedes.

Analisis data juga dijalankan secara elektronik, sehingga warga desa bisa langsung melihat rekomendasi rinci pembangunan desanya sendiri dalam situs https://sid.kemendesa.go.id. Pada titik inilah bimbingan teknis dibutuhkan pemerintah desa dan warga desa, untuk dapat membaca hasil SDGs Desa di wilayahnya, membaca rekomendasi wilayahnya, tutup kades.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *