Fb Img 1726909644059
Info Daerah

DPD IPeKB Banten Akan Kerahkan Ratusan Anggota Pada Gelaran Garma Pantas Racing

busernett88
37
×

DPD IPeKB Banten Akan Kerahkan Ratusan Anggota Pada Gelaran Garma Pantas Racing

Sebarkan artikel ini
Img 20240815 Wa0205

Kota Serang Banten, busernet.co.id // Sebagai upaya kontributif terhadap pembangunan bangsa dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 79 dan HUT Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) ke 17, Perwakilan BKKBN Provinsi Banten rencananya akan menggelar giat Roadshow IPeKB Penggarapan Bersama Pantai Selatan Peduli Stunting (Garma Pantas Racing) dengan rute dari Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten sampai Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mulai tanggal 19 – 24 Agustus 2024.

Indah Susanti selaku Ketua Panitia menginformasikan bahwa jumlah peserta yang akan ikut diperkirakan berjumlah 100 orang yang terdiri dari para Penyuluh Keluarga Berencana (PKB)/Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB).

Indah menambahkan gelaran Roadshow tersebut diharapkan dapat meningkatkan eksistensi PKB/PLKB di tengah-tengah masyarakat, karena menurut nya PKB/ PLKB mempunyai peran penting dalam pencapaian Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting (PPS), PKB/PLKB merupakan garda terdepan yang ada di lini lapangan yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas teknis program, termasuk menjalin kemitraan, melakukan advokasi kepada pemangku kepentingan dan melakukan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) kepada masyarakat.

Lebih Lanjut Indah menyampaikan bahwa nanti di sela-sela kegiatan tersebut akan dilakukan kunjungan ke rumah Keluarga Berisiko Stunting (KRS) untuk memberikan bantuan sosial serta penyuluhan Program Bangga Kencana dan Stunting. Bantuan sosial untuk KRS tersebut akan diserahkan

kepada 100 KRS di sekitar jalur yang dilalui.
Senada dengan Ketua Pelaksana, Suhendi selaku Ketua DPD IPeKB Provinsi Banten sangat menyambut positif atas rencana giat roadshow, dirinya bersama jajarannya akan totalitas mendukung kesuksesan dengan mengerahkan semua sumberdaya yang dimiliki, “Insya Allah kita akan mengerahkan anggota untuk ikut serta meramaikan dengan menggunakan kendaraan roda dua, menyiapkan paket bantuan sosial serta mengadakan tausyiah dari penceramah untuk warga disekitar titik pemberangkatan pada malam sebelum pemberangkatan” tuturnya.

Selain itu Suhendi juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran BKKBN RI dan Provinsi atas perhatian dan kepeduliannya terhadap IPeKB melalui gelaran Roadshow tersebut.
Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten Rusman Efendi ketika diwawancara usai rapat pematangan teknis kegiatan bersama jajaran panitia di Aula Kencana Perwakilan BKKBN Banten, di Komplek KP3B, Kamis (15/8/2024).

menuturkan bahwa gelaran Roadshow tersebut dilaksanakan dalam rangka memaknai Hur RI dan HUT IPeKB, menurutnya jaman dulu para pejuang dalam merebut kemerdekaan telah mengorbankan harta dan nyawa maka sebagai rasa syukur atas kemerdekaan jajaran BKKBN dan IPeKB harus mengisi nya dengan hal-hal yang luar biasa dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas.

“saya mengibaratkan para PKB/PLKB ini sebagai pejuang juga di masa sekarang, dimana mereka sebagai ujung tombak yang berada di paling ujung yang besentuhan langsung dengan masyarakat, mereka tak kenal lelah melakukan KIE demi terwujudnya keluarga yang berkualitas” tuturnya.

Masih menurut Rusman, supaya perjuangan para PKB/PLKB bisa menghasilkan sebuah hasil yang cemerlang maka perlu dilakukan upaya-upaya yang terus mendekatkan mereka dengan masyarakat sehingga berbagai pelayanan akan mudah diterima masyarakat, “Nah momentum roadhsow ini diharapkan akan mempermudah membantu meperlihatkan eksistensi mereka di tengah masyarakat, karena nanti di jalur yang dilalui akan diadakan bakti sosial berupa pelayanan, KIE dan bantuan sosial” Tambahnya.

Rusman mencanangkan bahwa pada hari pelaksanaan kegiatan akan dilakukan sekitar 500 pelayan KB gratis terhadap masyarakat di puskesmas-puskesmas yang dilalui dari Mulai Kecamatan Sumur, Cibaliung, Wanasalam, Malingping sampai dengan Cilograng yang merupakan kecamatan paling ujung yakni perbatasan antara Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Lebih lanjut Rusman menyampaikan bahwa kegiatan Roadshow tersebut merupakan kegiatan nasional dimana akan dilakukan di dua titik pemberangkatan, titik pemberangkatan tersebut adalah di Ujung Jawa Timur dan Ujung Banten yang acara puncaknya berada di Yogyakarta sebagai titik temu kedua tim pemberangkatan.

“Insya Allah kalau tidak ada halangan dan perubahan jadwal, untuk yang titik pemberangkatan Banten akan dilepas oleh Bapak Kepala BKKBN Pusat dengan menghadirkan para pejabat terkait di tingkat provinsi dan kabupaten” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *