Mario
BuserNet.co.idInfo DaerahRamadhan 2024

Pentingnya Mengetahui Rumus 5W 1H dalam Menulis Berita Jurnalistik bagi Jurnalis. Berikut Penjelasannya!

admin
242
×

Pentingnya Mengetahui Rumus 5W 1H dalam Menulis Berita Jurnalistik bagi Jurnalis. Berikut Penjelasannya!

Sebarkan artikel ini
Img 20240405 Wa0054

MAKASSAR, Busernet.co.id Jum,at .05/ 04 2024 Flyer Mengenal 5 W 1H dalam Penulisan Berita

Flyer Mengenal 5 W 1H dalam Penulisan Berita Rumus 5W 1H merupakan prinsip dasar dalam menulis berita jurnalistik yang menjadi pedoman dan pengembangan berita seorang jurnalis.

Seorang jurnalis dalam menulis berita jurnalistik harus menjadikan rumus 5W 1H sebagai alat yang ampuh, menurut Edi ketua lembaga sinrijala dengan Jamaluddin ketua korwil sulsel media Busernet88. membantu menciptakan narasi yang jelas dan ringkas serta mudah dipahami pembaca.

Untuk menerapkan rumus 5W 1H dalam penulisan berita jurnalistik, seorang jurnalis harus terlebih dahulu mengumpulkan semua informasi relevan tentang berita yang mereka beritakan.

Mengetahui betapa pentingnya rumus 5W 1H bagi seorang jurnalis, maka dalam menulis berita jurnalistik perlu digunakan rumus-rumus tersebut.

Rumus 5W 1H didasarkan pada enam pertanyaan yang diserap dari bahasa luar negeri (Inggris), yaitu: siapa (who), apa (what), kapan (when), di mana (where), mengapa (why), dan bagaimana (how).

Untuk lebih jelas, rumus 5W 1H akan dijabarkan beserta contohnya sebagai berikut:

Kata “siapa” di dalam bahasa Inggris sering disebut dengan “who.” Ini adalah kata yang memiliki makna kepada siapa (orang) yang telibat dalam kejadian suatu berita.

Berita yang ditulis akan lengkap jika pembaca bisa mengetahui siapa yang berada di dalam berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *